13 Makanan Penurun Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

makanan+penurun+kadar+kolesterol

JOLMA SEHAT - Kolesterol merupakan salah satu lemak tubuh atau yang lebih dikenal dengan nama "lipid".

Sebagai bagian dari lemak tubuh, kolesterol tentunya memiliki berbagai fungsi di dalam tubuh.
Namun, jika kadar kolesterol jahat dalam darah mengalami kenaikan atau tinggi, maka hal ini dapat menjadi masalah serius bagi kesehatan tubuh anda.

Dalam keadaan normal atau stabil, kolesterol memiliki beberapa fungsi penting dalam tubuh manusia.

Beberapa fungsi kolesterol sebagai lemak tubuh yaitu: penyusun struktur pada membran sel, melindungi kulit dari racun dan masalah kekeringan, pembentukan vitamin D (bersama sinar UV) serta membentuk asam empedu di usus.

Namun, kenaikan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti gangguan ereksi, gagal ginjal, serangan jantung, stroke serta meningkatnya resiko penyakit Alzheimer.

Berbagai jenis makanan terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol anda.
Lalu, apa saja makanan penurun kolesterol tersebut ?

Berikut ini saya ulas 7 makanan yang menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda :


1. Tomat

Meskipun makanan ini tergolong ke dalam buah- buahan, memakan tomat ternyata dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
Anda dapat membuat jus tomat yang enak dan minumlah dua gelas jus tomat setiap hari.
Sangat praktis dan mudah bukan ?


2. Delima

Buah bulat merah kecil ini ternyata juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh khususnya berfungsi mengurangi penumpukan plak kolesterol serta mampu meningkatkan produksi oksida nitrat yang dapat membantu dalam mengurangi plak pada arteri.


3. Alpukat

Buah dengan penampakan bulat lonjong dan bewarna hijau tersebut merupakan salah satu buah yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.
Ini dikarenakan, ada dua jenis kolesterol dalam tubuh kita yaitu kolesterol jahat (Low-density lipoprotein) dan kolesterol baik (High-density lipoprotein).


4. Anggur

Buah anggur ternyata juga sangat baik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.
Dengan rutin minum dua gelas jus anggur setiap hari dapat menjaga kadar kolesterol baik dalam tubuh anda.


Baca juga : 9 Manfaat Ajaib Minum Air Putih Saat Bangun Tidur Pagi Hari

5. Bawang Putih

Meskipun tergolong rempah- rempah atau salah satu bumbu dapur bagi semua ibu rumah tangga. Bawang putih ternyata juga sangat efektif membantu menurnkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Usahakan untuk mengkonsumsi satu siung bawang putih perhari untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh anda (andapun bisa mencampurkannya kedalam berbagai jenis masakan anda).


6. Aneka Makanan dari Olahan Kedelai

Tahu dan tempe, kedua jenis makanan tersebut juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda.
Manfaat lain yang dapat diperoleh yaitu terdapat sumber protein dalam kedua jenis makanan tersebut.


7. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan yang dimaksud seperti kacang tanah, kenari, almond serta edamame.
Kandungan lemak omega 3 dan antioksidan dalam kacang- kacangan sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh anda.


8. Oatmeal

Oatmeal mengandung serat larut yang dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat dari dalam tubuh.
Selain oatmeal serat larut juga dapat ditemukan pada kacang merah, pisang, apel, pir dan buah prune.
Cara kerja serat larut adalah mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah, sehingga tidak menumpuk di dalam pembuluh darah.


9. Ikan

Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan kembung, sarden, tuna dan salmon. Selain menurunkan tingkat kolesterol jahat, Omega 3 juga sangat baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah serta risiko kematian mendadak akibat serangan jantung.


10. Teh Hitam

Disamping bisa berguna untuk pencegahan kanker, teh hitam ternyata juga mampu untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.
Berdasarkan penelitian dari USDA teh hitam dapat menurunkan kolesterol tinggi hingga 10% hanya dalam waktu 3 minggu.


11. Buah Zaitun

Buah Zaitun merupakan karunia alam yang sangat menakjubkan.
Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan zaitun hydroxytyrosol di dalamnya yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi, namun tidak mengurangi tingkat kolesterol baik di dalam tubuh (HDL).
Buah zaitun ini merupakan salah satu makanan yang pasti masuk kedalam menu masakan masyarakat Mediterania.
Dan ini berbanding positif dengan kesehatan kardiovaskular masyarakat tersebut. Selain buahnya, minyak zaitun juga sangat berkasiat karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E, yang baik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik.


Baca juga : 3 Hal Sepele Pemicu Penyakit Stroke

12. Yoghurt

Yoghurt bebas lemak adalah pilihan berikutnya karena kaya akan protein, kalsium dan mikroorganisme Lactobacillus yang juga dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi.


13. Buah dan Sayur

Buah dan sayuran yang kaya antioksidan dapat menurunkan tingkat kolesterol tinggi dan juga melindungi jantung.
Jenis buah dan sayuran yang baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol adalah: blueberry, strawberry, acai berry, blackberry, cranberry, jambu biji, mangga, kubis, brokoli, paprika, cabai, aprikot, mangga, labu, ubi jalar, wortel, dan bayam. Sebaiknya Anda memasukan porsi buah dan sayuran di setiap kali Anda makan.


Itulah ulasan kesehatan seputar makanan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol.
Terimakasih, silahkan bagikan kepada teman anda di Facebook maupun di Twitter melalui tombol share di bawah tulosan ini !

Referensi :

Jangan ketinggalan membaca artikel kesehatan terbaru di blog ini, tidak perlu bolak balik buka blog ini cukup berlangganan artikel saja via email. Silahkan tulis email kamu di bawah ini!

0 Response to "13 Makanan Penurun Kadar Kolesterol Dalam Tubuh"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan Dan Relevan Dengan Topik!
Diharapkan Jangan Menggunakan Link Aktif!

Terimakasih.