Pasang Iklan

21 Hal Penyebab Munculnya Jerawat Lengkap


peyebab+jerawat
JOLMA SEHAT
- Jerawat, sudah tidak asing lagi apalagi dikalangan wanita.
Wanita sangat sensitif sekali terhadap jerawat, apabila tumbuh 1 jerawat, "wahh bisa uring - uringan marah - marah apalagi kalau tumbuh banyak jerawat yang akan membuat wajah kurang cantik dan pasti akan sangat memalukan."

Sebenarnya tumbuh jerawat itu adalah hal yang alami.
Jadi tidak perlu malu atau marah - marah kalau ada jerawat timbul diwajah.

Selain itu jerawat itu menyakitkan pokoknya jerawat itu mengganggu. Dari pada kalian sibuk sana - sini kosmetik atau pembersih jerawat tapi gak sembuh - sembuh. Mending melakukan pencegahan dengan cara menjahui hal yang menyebabkan jerawat.

Silahkan anda simak 21 penyebab timbulnya jerawat.


1. Faktor Keturunan atau Genetik

Bisa saja anda telah memakai berbagai kosmetik dan mencoba berbagai tips dan pengobatan jerawat tetapi tetap saja jerawat anda "membandel."
Kalau begini, anda perlu menelaah mendalam apakah ada anggota keluarga anda yang mayoritas berjerawat apakah itu nenek atau kakek atau bisa jadi keturunan dari ibu atau ayah.


2. Karena Aktifitas Hormon

Aktifitas hormon yang tidak menentu dapat menimbulkan jerawat, aktifitas hormon ini dapat disebabkan salah satunya adalah "masa pubertas."


Baca juga : 14 Cara Ampuh Mencegah Jerawat

3. Kelenjar minyak yang Hiperaktif

Mungkin judul diatas agak menggelitik, namun hal itu bisa saja terjadi. Kelenjar minyak yang terdapat di bawah kulit apabila secara tak menentu mengeluarkan minya maka dapat menimbulkan jerawat.


4. Bakteri pada Pori Pori Kulit

Faktor utama bagi perempuan adalah kurangnya membersihkan sisa make-up diwajah sehingga sisa make up tadi tertinggal di bagian pori pori kulit.


5. Menyentuh Wajah

Memang alasan yang satu ini cukup sederhana, tetapi tidak disangka efeknya sangat besar. Karena tangan yang menyentuh wajah, bisa terjadi bakteri pada tangan berpindah ke kulit wajah dan bisa saja tangan anda tanpa anda sadari menggaruk wajah anda, hal ini dapat menimbulkan radang hingga infeksi kulit wajah.
Maka dapat disimpulkan bahwa menyentuh wajah dapat mengganggu kesehatan kulit wajah.


6. Stres

Stres dapat berpengaruh pada kesehatan kulit wajah sebab hormon yang tidak stabil karena beban pikiran kita. Maka dari itu, usahakanlah hidup dengan rileks dan jangan terlalu membebani pikiran secara terus menerus.

Baca juga : Bahayakah Menelan Permen Karet ?

7. Polusi Udara

Udara yang kotor mengandung banyak zat zat atau molekul bahkan kuman berbahaya yang terbang bebas. Udara tersebut bisa saja mengenai wajah anda dan kuman tersebut melekat di wajah anda dan menimbulkan jerawat.
Ada baiknya anda memakai masker ke luar rumah atau memakai helm jika berkendara di jalan raya.


8. Mengkonsumsi pil KB

Saya masih ragu dengan hal ini, saya membaca desas desus ini bahwa meminum pil KB juga dapat menimbulkan jerawat.
Untuk info lebih lanjut silahkan anda cari saja di google dengan kata kunci jerawat+dan+pil+kb !


9. Darah Kotor

Ada baiknya anda membersihkan darah kotor ini secara berkala dengan meminum obat agar jerawat tidak muncul.


10. Faktor usia

Jerawat akan muncul tergantung usia juga, jika usia antara 13-17 tahun (masa pubertas), jerawat memang tumbuh subur bak sayur di musim hujan.


11. Terlalu banyak Makan Makanan berkalori tinggi

Contohnya adalah coklat.
Kalori dan lemak dalam coklat sangat tinggi dan tidak baik bagi kesehatan. Kandungan gula dalam coklat apabila dimakan terlalu sering dapat menimbulkan penyakit diabetes.
Disamping itu coklat juga dapat merusak gigi.
Apabila terlalu banyak asupan lemak, maka dapat menimbulkan jerawat, karena lemak apalagi jenis lemak jahat dapat ditimbun di wajah dan menimbulkan jerawat.


12. Penyumbatan Pori Pori akibat sel kulit mati

Pori pori yang tersumbat dapat dihinggapi kuman dan menimbulkkan jerawat. Salah satu penyebab penyumbatan pori pori adalah akibat sel kulit mati yang tidak terangkat.
Maka pakailah krim pencuci wajah berkualitas yang dapat mengangkat sel kulit mati secara menyeluruh.


13. Kurang Minum

Minumlah air putih minimal 8 gelas perhari agar bakteri serta bibit penyakit dan sel yang rusak dapat keluar secara cepat dari tubuh agar potensi timbulnya jerawat dapat di minimalisir.


14. Merokok dan Minum Ber-alkohol

Merokok dan minum alkohol tidak baik bagi kesehatan dan tentunya anda sudah tahu sendiri bahayanya kedua benda tersebut.
Maka tidak perlu saya terangkan lebih jauh lagi.
Intinya kurangilah meminum minuman ber-alkohol serta merokok agar jerawat tak tumbuh.


15. Alergi kosmetik

Bagi anda khususnya wanita, sebelum membeli dan memakai kosmetik silahkan di tanya dulu pada penjual apakah kosmetik tersebut cocok untuk tipe kulit anda.


16. Kurangnya asupan vitamin A dan vitamin B2

Kedua vitamin diatas sangat penting bagi kesehatan kulit. Mungkin saja anda kurang asupan vitamin tersebut.
Silahkan anda cek kembali menu makanan sehari hari anda.
Contoh vitamin A : wortel, ubi, bayam
Contoh vitamin B2 : ikan, susu, dll


17. Sering menyentuh jerawat

Mungkin anda penasaran dengan jerawat anda sehingga anda sering menyentuhnya.
Menyentuh jerawat justru akan memperparah jerawat karena bakteri dari tangan anda.


18. Terlalu sering terpapar sinar matahari langsung

Kenali kulit wajah anda apakah sensitif pada sinar matahari.
Apabila iya, pakailah topi atau payung apabila beraltifitas di bawah paparan sinar matahari.


19. Kurang Memperhatikan Kebersihan Kulit

Bersihkanlah kulit wajah anda secara teratur.
Cuci wajah anda pada saat bangun pagi dan setelah beraktifitas atau pulang kerja, agar debu yang melekat tidak tertinggal dan jerawat tidak muncul.


20. Kurang Tidur

Tidur yang baik minimal 6 sampai 8 jam sehari agar tubuh dapat sehat dan mempunyai asupan istirahat yang baik. Jerawat yang muncul bisa saja disebabkan oleh tubuh anda yang kurang istirahat sehingga produksi minyak pada wajah tidak bisa terkontrol dengan baik.


21. Perhatikan rambut Anda

Hindari menggunakan wewangian, minyak dan bahan kimia pada rambut. Bahan-bahan tersebut dapat mengganggu kesehatan kulit, sebab bahan tersebut dapat menetes atau bersentuhan langsung dari rambut ke wajah dan menyumbat pori-pori lalu merusak kulit. Gunakanlah sampo dan kondisioner yang lembut. Rambut berminyak dapat menambah jumlah minyak di wajah. Rajinlah membersihkan rambut terutama jika rambut anda panjang.

Baca juga : 14 Cara Ampuh Mencegah Jerawat


Itulah info kesehatan 21 hal yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Setelah membacanya ada baiknya anda share ke teman teman anda melalui tombol share Facebook ataupun Twitter di bawah ini agar mereka tahu juga !

Jangan ketinggalan membaca artikel kesehatan terbaru di blog ini, tidak perlu bolak balik buka blog ini cukup berlangganan artikel saja via email. Silahkan tulis email kamu di bawah ini!

1 Response to "21 Hal Penyebab Munculnya Jerawat Lengkap"

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan Dan Relevan Dengan Topik!
Diharapkan Jangan Menggunakan Link Aktif!

Terimakasih.