Pasang Iklan

14 Cara Ampuh Mencegah Jerawat

cegah+jerawat
sumber : seksualitas.net


JOLMA SEHAT - Bagi anda termasuk saya sendiri, pasti menginginkan kesehatan kulit yang baik, jauh dari flek hitam bahkan jerawat

Jerawat selalu menjadi hal yang tidak disukai karena disamping memberi penampilan wajah yang kurang menarik, jerawat juga membuat kita kurang PD dan merasa tidak nyaman dengan kemunculan jerawat tersebut.

Tapi bagi anda yang tidak mau berurusan dengan jerawat suatu saat nanti, anda musti baca artikel Cara Mencegah Jerawat ini agar wajah anda dapat mulus tahan lama.

Berikut tips mencegah timbulnya jerawat (sekalian mengacu pada kesehatan kulit) :


1. MENJAGA KEBERSIHAN WAJAH

Muka anda berjerawat atau tidak, anda tetap harus rajin membesihkan wajah setiap hari untuk menghilangkan kotoran, sel-sel kulit mati dan minyak berlebih di permukaan kulit.
Gunakan air hangat dan pembersih wajah untuk mencegah munculnya jerawat dan masalah kesehatan kulit lainnya, jangan gunakan sabun untuk badan di wajah anda sebab bisa melukai kulit dan menyebabkan masalah kesehatan pada kulit wajah seperti iritasi.
Hindari juga menggosok kulit wajah dengan handuk yang keras atau spons yang bertekstur kasar. Lebih baik membersihkan wajah menggunakan tangan anda atau kain yang lembut. Bilas wajah dan keringkan dengan handuk yang bersih.
Jerawat tidak disebabkan oleh kotoran berlebihan sehingga anda tidak perlu menggosok wajah dengan keras. Sebaliknya gunakanlah pembersih antibakteri minimal dua kali sehari atau sesuai petunjuk penggunaan.


2. GUNAKAN MOUSTIRUZE (krim oles)

Ada banyak obat oles jerawat yang membuat kulit menjadi kering, karena itu gunakanlah selalu pelembab untuk meminimalkan kulit menjadi kering.
Pelembab berbentuk gel biasanya cocok untuk semua jenis kulit berminyak. Dan untuk kulit kering cobalah krim pelembab atau lotion untuk mencegah jerawat dan memaksimalkan kesehatan wajah anda!


3. ANDA BISA MENGGUNAKAN OBAT JERAWAT YANG BANYAK DIJUAL APOTIK

Obat oles tersebut biasanya mengandung bahan seperti benzoil peroksida yang merupakan bahan anti bakteri dengan efek terjadinya pengeringan pada kulit muka yang tentunya aman bagi kesehatan kulit wajah anda. Obat yang mengandung asam salisilat juga dapat membunuh bakteri di pori-pori wajah.
Mulailah dengan jumlah yang sedikit dan secara perlahan anda bisa menambah dosisnya.
Benzoil peroksida dapat menyebabkan kulit menjadi kemerahan dan bersisik karena itu anda perlu berhati-hati menggunakannya terutama jika kulit anda sensitif.


4. MAKE UP SECUKUPNYA

Jika anda berhias atau menggunakan make up, selalu cuci dan besihkan wajah sebelum tidur. Pilihlah bahan kosmetik yang tanpa pewarna atau bahan kimia.

Baca juga : Apakah Radiasi Wi-Fi Menggangu Kesehatan ?

Saat ini bahan kosmetik berbahan air sudah banyak dijual dan lebih aman bagi kulit. Bacalah daftar bahan pada label produk sebelum membeli agar kesehatan kulit wajah anda lebih bagus.


5. MEMBERSIHKAN SISA MAKE UP SEBELUM TIDUR

Kosmetik atau make up memang membuat anda tampil lebih cantik. Namun, kosmetik terus-terusan menempel pada muka dan anda enggan membersihkannya, maka make up tersebut bisa membuat wajah anda berjerawat.
Nah, jika anda sedang mencari tahu cara mencegah timbulnya jerawat, mulai sekarang tidak ada kata malas ketika anda harus meluangkan waktu untuk membersihkan make up yang masih menempel pada wajah. Anda bisa melakukan perawatan wajah bebas jerawat ini setelah anda selesai beraktivitas atau sebelum anda beranjak tidur.


6. PERHATIKAN RAMBUT ANDA

Hindari menggunakan wewangian, minyak dan bahan kimia pada rambut.
Bahan-bahan tersebut dapat mengganggu kesehatan kulit, sebab bahan tersebut dapat menetes atau bersentuhan langsung dari rambut ke wajah dan menyumbat pori-pori lalu merusak kulit.
Gunakanlah sampo dan kondisioner yang lembut. Rambut berminyak dapat menambah jumlah minyak di wajah. Rajinlah membersihkan rambut terutama jika rambut anda panjang.


7. HINDARI KONTAK ANTARA WAJAH DAN TANGAN

Hal yang terlihat sepele ini kadang tidak kita perhatikan.
Hindari menopang wajah menggunakan tangan di pipi atau dagu. Tangan yang kotor dapat menyebarkan bakteri di wajah dan menimbulkan masalah kesehatan pada kulit wajah seperti iritasi.
Jangan menyentuh jerawat dengan tangan karena dapat menimbulkan infeksi dan jaringan parut.


8. HINDARI WAJAH TERPAPAR SINARI MATAHARI LANGSUNG

Sinar ultraviolet matahari dapat menimbulkan peradangan pada kulit wajah apabila jangka panjang. Beberapa obat jerawat baik itu oral maupun obat oles dapat meningkatkan sensitifitas kulit wajah terhadap sinar matahari. Selalu hindari paparan sinar matahari dengan menggunakan tabir surya ketika sedang bepergian agar wajah tetap sehat. Gunakan tabir surya non acnegenic untuk mengurangi pertumbuhan jerawat baru.


9. GIZI YANG CUKUP DAPAT MENCEGAH JERAWAT

Beberapa ahli nutrisi setuju bahwa makanan tertentu seperti coklat dan keripik memicu wajah berjerawat.

Baca juga : 5 Tanda Tanda Anda Membutuhkan Liburan

Termasuk juga makanan junk food dan segala jenis makanan berminyak dapat menimbulkan jerawat dan makanan tersebut juga mengandung kadar kolesterol tinggi yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Konsumsilah buah dan sayur lebih banyak terutama vitamin A dan beta karoten yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan memperbaiki kesehatan kulit.
Makanan yang baik untuk mencegah jerawat adalah wortel, ubi jalar, melon, kangkung, bayam dan semua makanan yang mengandung vitamin A yang berasal dari tumbuhan


10. OLAHRAGA SETIAP HARI

Olahraga secara teratur sangat baik bagi kesehatan dan pikiran termasuk kulit.
Berolahraga akan mengurangi kecemasan dan menghilangkan stres serta mengalirkan lebih banyak darah ke seluruh tubuh. Saat olahraga sebaiknya jangan mengunakan topi, kacamata atau helm yang dapat menimbulkan keringat berlebih, keringat berlebih dapat mengiritasi kulit dan menjadi sarang bakteri diwajah. Pastikan untuk selalu mandi setelah olahraga.


11. GUNAKAN MASKER WAJAH

Masker wajah bisa anda jadikan solusi ketika anda tak ingin jerawat timbul pada wajah.
Masker wajah yang bisa anda pilih untuk mencegah jerawat sebaiknya anda masker yang terbuat dari bahan alami. Cara mencegah timbulnya jerawat bisa anda lakukan dengan memakai masker wajah secara berkala, misalnya seminggu sekali. Agar masker wajah yang anda pakai aman dan tidak menimbulkan efek samping, tak ada salahnya anda meracik sendiri masker wajah yang akan anda gunakan, misalnya dengan membuat masker wajah dari telur, timun, tomat, dan lain-lain. Wajah bebas jerawat, andapun senang.


12. KONSUMSI BUAH DAN SAYUR

Pencegahan terhadap jerawat tentunya tak hanya anda lakukan dari luar saja, tetapi perawatan wajah bisa anda lakukan dari dalam. Yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana cara mencegah timbulnya jerawat dari dalam? Haruskah anda mengkonsumsi suplemen kulit agar anda bebas dari jerawat?
Tentu saja tidak, yang mesti anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin karena makanan sehat tersebut kaya akan antioksidan yang bisa membasmi bakteri penyebab jerawat pada wajah. Hindari pula makanan yang berlemak yang membuat wajah berminyak sehingga jerawat betah nongkrong pada wajah.


13. TIDUR SECARA TERATUR

Tidur yang baik minimal 6 sampai 8 jam sehari agar tubuh dapat sehat dan mempunyai asupan istirahat yang baik.
Jerawat yang muncul bisa saja disebabkan oleh tubuh anda yang kurang istirahat sehingga produksi minyak pada wajah tidak bisa terkontrol dengan baik.

Baca juga : Bahayakah Menelan Permen Karet ?

Makanya ada baiknya, ketika anda ingin wajah bebas jerawat dan anda bisa selalu tampil cantik, mulai sekarang tidurlah secara teratur dan hindari yang namanya bergadang. Ketika tidur anda cukup, maka wajah yang berjerawat tak mungkin anda miliki. Semoga informasi tentang cara mencegah timbulnya jerawat di atas bermanfaat bagi para pembaca.


14. SANTAI DAN HIDUP TENANG

Banyak ahli percaya bahwa kondisi mental dan emosional mempengaruhi semua aspek kesehatan termasuk kondisi kulit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa stres menyebabkan jerawat bertambah parah. Karena itu hindari stres atau selesaikan masalah yang menimbulkan stres tersebut.


Begitulah Tips Kesehatan seputar mencegah jerawat.

Jerawat adalah masalah normal selama masa pertumbuhan karena pengaruh hormon yang sangat berlimpah.
Namun dalam kasus yang sangat sedikit terdapat sejumlah orang dewasa yang tidak bisa menghilangkan jerawat di wajah mereka meskipun mereka telah merekapkan ke sepuluh tips di atas.

Jika hal tersebut terjadi pada anda, maka saran saya adalah kunjungi Dokter Kulit Untuk Mencegah Jerawat Secara Permanen.


Referensi :

Jangan ketinggalan membaca artikel kesehatan terbaru di blog ini, tidak perlu bolak balik buka blog ini cukup berlangganan artikel saja via email. Silahkan tulis email kamu di bawah ini!

1 Response to "14 Cara Ampuh Mencegah Jerawat"

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan Dan Relevan Dengan Topik!
Diharapkan Jangan Menggunakan Link Aktif!

Terimakasih.