5 Tanda Tanda Anda Butuh Liburan

penat+bosan

JOLMA SEHAT - Liburan sangat diperlukan agar pikiran yang stres dan penat bisa segar kembali sambil menyehatkan mata dengan melihat sesuatu yang hijau seperti pepohonan untuk para pekerja kantoran atau semacamnya.

Baca juga : Ini Yang Terjadi Jika Menelan Permen Karet

Hanya saja, seringkali seseorang tidak menyadari jika dirinya sudah stres berat hingga butuh libur.
Untuk itu, tak ada salahnya jika Anda mengetahui beberapa hal berikut ini yang jika sering dilakukan, bisa jadi mengindikasikan bahwa Anda sudah membutuhkan liburan kesehatan, misalnya liburan atau sekadar cuti beberapa hari dari pekerjaan yang membosankan seperti pekerja kantor, seperti dikutip detikHealth dari berbagai sumber.


1. MASALAH KECIL JADI BESAR

masalah+kecil+jadi+besar

Paula Davis-Laack, PhD, yang juga penulis 'Addicted to Busy' menuturkan ketika seseorang berada dalam suasana hati yang rileks, sehat, dan tidak terlalu stres, mereka akan lebih mudah berpikiran positif.
Nah, ketika ada kesalahan kecil yang dilakukan orang lain pun ia akan lebih mudah memaafkan dan memberi kompensasi. "Namun, jika hal sepele saja sudah membuat dunia Anda seperti kacau balau, sudah saatnya Anda segera mengisi ulang energi. Sebab, kondisi itu menandakan Anda tengah stres berat dan butuh sedikit hiburan," kata Davis-Laack.


2. REKAN KERJA TERUS BERTANYA : "APAKAH KAMU BAIK-BAIK SAJA ?"

bertanya

Jika teman kerja lebih sering melontarkan pertanyaan seperti: 'kamu baik-baik saja?' atau 'apa kamu ada masalah?' itu berarti stres yang mengganggu kesehatan anda dirasakan sudah memengaruhi kinerja Anda. Belum lagi, dampak stres yang dialami terhadap pekerjaan juga bisa dirasakan rekan kerja yang lain.
Ahli ketahanan stres Andrew Shatte, PhD sekaligus co-author 'meQuilibrium: 14 Days to Cooler, Calmer, and Happier' mengungkapkan tanda lain rekan kerja bisa merasakan stres yang Anda alami yakni ketika mereka lebih menjaga jarak. "Hal itu dilakukan karena ada yang berubah pada Anda. Oleh karena itu jika hal tersebut Anda alami, baiknya mabil 1-2 hari untuk setop sejenak memikirkan pekerjaan Anda dan kembali mengisi ulang energi Anda, caranya dengan berlibur atau mengambil cuti," kata Shatte memberi saran.


BERUBAH JADI BERSIKAP SINIS DI KANTOR

sinis

Pekerjaan terasa membosankan, tidak menggairahkan dan menyebalkan? Bisa jadi Anda sudah terlalu stres bekerja. Stres jika terus menerus dapat mengganggu kesehatan hingga sebabkan penyakit. Hal ini muncul karena stres yang dialami membuat Anda sulit mengambil sisi positif dari pekerjaan yang dilakukan, demikian diutarakan Davis-Laack. Menurutnya, rasio 3:1 untuk perasaan menyenangkan banding menjengkelkan kepada kantor masih normal. Namun, jika dirasa lebih banyak hal yang menjengkelkan dari kantor, kemungkinan besar Anda tengah stres berat dengan pekerjaan di kantor. Lagi- lagi, berlibur atau refreshing amat dibutuhkan.


4. TUBUH SERING TERASA SAKIT TERUTAMA DI DAERAH PERUT

nyeri+perut

Studi dari University of South Florida tahun 2011 mengungkapkan bahwa stres kronis yang dialami berpengaruh pada kesehatan terutama mudahnya seseorang mengeluh sakit punggung, sakit kepala, dan juga rasa tidak nyaman di daerah mata.
Peneliti mengatakan, ketika seseorang stres, tubuh akan melepaskan zat kimia yang memicu peradangan dan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap rasa sakit. Beberapa orang juga diketahui cenderung memiliki masalah dengan perut dan pencernaan ketika stres. Studi tahun 2010 yang dipublikasikan dalam Journal of Nervous & Mental Disease mengungkapkan bahwa orang dengan gangguan gastrointestinal lebih cenderung mengalami stres kronis.


5. SUSAH TIDUR (INSOMNIA)

insomnia

Studi dari University of Georgia tahun 2007 menemukan orang-orang yang stres berisiko lebih tinggi mengalami kesulitan tidur dan memiliki kualitas tidur yang rendah. Merasa juga dilaporkan lebih sering mengantuk ketika di kantor. "Beberapa penelitian meyakini bahwa hormon stres bisa mengganggu siklus tidur. Pasalnya, ketegangan yang terjadi ketika seseorang stres bisa mensabotase tidur Anda," kata Shatte.


Begitulah lansiran saya seputar info kesehatan kapan anda harus liburan.

Semoga bermanfaat !

Referensi : m.detik.com/health/read/2015/08/21/180056/2998115/763/2/jika-sering-alami-5-hal-ini-tandanya-anda-sudah-butuh-refreshing

Jangan ketinggalan membaca artikel kesehatan terbaru di blog ini, tidak perlu bolak balik buka blog ini cukup berlangganan artikel saja via email. Silahkan tulis email kamu di bawah ini!

1 Response to "5 Tanda Tanda Anda Butuh Liburan"

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan Dan Relevan Dengan Topik!
Diharapkan Jangan Menggunakan Link Aktif!

Terimakasih.