Pasang Iklan

Ini Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala Di Malam Hari

bahaya+tidur+lampu+menyala+di+malam+hari

JOLMA SEHAT - Tidur adalah aktivitas rutin untuk istirahatkan tubuh setelah bekerja atau beraktifitas di siang hari yang dilakukan oleh setiap orang.

Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari tidur khususnya di waktu malam hari.

Beberapa manfaat tidur malam yaitu dapat mengistirahatkan fisik dan pikiran setelah seharian beraktivitas yang relatif padat.

Ada sebagian orang yang suka tidur malam dengan lampu menyala. Namun ada pula yang tidur malam dengan tanpa cahaya dari lampu.

Lalu, adakah bahaya dari tidur malam dengan lampu menyala bagi kesehatan tubuh tersebut ?


Praktisi kesehatan, Lynne Eldridge M.D yang juga penulis buku 'Avoiding Cancer One Day At A Time' juga menuliskan perempuan buta 80 persen lebih kecil terkena risiko kanker payudara dibanding rata-rata perempuan lain.
Diduga faktor hormon melatonin yang banyak ditubuhnya karena penglihatan yang gelap membuatnya punya daya tahan tubuh yang lebih tinggi.
Pentingnya tidur malam hari dengan mematikan lampu baru-baru ini juga diteliti oleh para ilmuwan dari Inggris dan Israel. Peneliti menemukan ketika cahaya dihidupkan pada malam hari, bisa memicu ekspresi berlebihan dari sel-sel yang dikaitkan dengan pembentukan sel kanker.

Para ilmuwan mengklaim jika seseorang terbangun di malam hari dan menyalakan lampu selama beberapa detik, maka bisa menyebabkan perubahan biologis yang mungkin mengarah ke kanker.

"Orang-orang yang bangun di malam hari disarankan untuk tidak menyalakan lampu. Kami percaya bahwa setiap kali menyalakan cahaya buatan pada malam hari akan memiliki dampak pada jam biologis tubuh, karena ini adalah mekanisme yang sensitif," ujar Dr Rachel Ben-Sclomo dari University of Haifa, seperti dikutip detikhealth.

Dr Rachel menambahkan bahwa ini adalah temuan terbaru dan masih sebatas penelitian pendahuluan. Namun kini ia dan tim tengah menganalisa wilayah ini secara lebih mendetail. Hasil ini juga telah dilaporkan dalam jurnal Cancer Genetics and Cytogenetics.

Nah, Tidur di malam hari dengan lampu menyala ternyata memiliki dampak yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Mungkin tak pernah anda bayangkan sebelumnya, terbiasa tidur malam dengan kondisi lampu menyala akan meningkatkan resiko penyakit kanker, kardiovaskular, gangguan sistem metabolisme dan bahkan mungkin diabetes.

Artikel kali ini akan mengetengahkan sebuah bahasan tentang berbagai bahaya dari tidur dengan lampu menyala khususnya di malam hari,

Berikut ini ulasan saya dari tidur dengan lampu menyala dimalam hari :


1. Menghambat Produksi Melatonin.

Hormon melatonin berperan dalam mencegah dan menghambat perkembangan sel kanker pada tubuh.
Sehingga sangat dianjurkan untuk mematikan lampu saat tidur malam agar hormon melatonin tersebut dapat berproduksi lebih maksimal saat anda tertidur pulas.


2. Dapat Picu Berbagai Penyakit Bagi Perempuan

Ini dikarenakan, paparan cahaya lampu dimalam hari dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker payudara dan kanker usus besar bagi kaum wanita.
Jadi, para ibu dan remaja putri sebaiknya memulai membiasakan diri tidur malam dengan tanpa nyala lampu.


3. Berbagai Efek Buruk Juga Beresiko Mengancam Kesehatan Tubuh

Ini dikarenakan, tidak membiasakan diri tidur malam dengan lampu mati akan berakibat pada berbagai gangguan tidur, penyakit kardiovaskular, gangguan pada sistem metabolisme tubuh serta kemungkinan besar terkena penyakit diabetes yang bisa mengancam jiwa anda.


Itulah sedikit info kesehatan tentang bahaya tidur di malam hari bagi kesehatan tubuh.

Referensi :

Jangan ketinggalan membaca artikel kesehatan terbaru di blog ini, tidak perlu bolak balik buka blog ini cukup berlangganan artikel saja via email. Silahkan tulis email kamu di bawah ini!

2 Responses to "Ini Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala Di Malam Hari"

  1. ane sering tidur dengan lampu menyala gan,, gak suka kalau tidur posisi gelap gulita, nambah gak bisa tidur wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, saya juga..
      memang kebiasaan orang kita begitu..

      Hapus

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan Dan Relevan Dengan Topik!
Diharapkan Jangan Menggunakan Link Aktif!

Terimakasih.